DESA WISATA RIGIS JAYA KAB. LAMPUNG BARAT LAMPUNG

Pekon Rigis Jaya merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Air Hitam Kabupaten Lampung Barat dengan luas 1.158 hektar. Nama Rigis diambil dari bahasa Semendo, yang artinya sebuah bukit yang terbakar terlihat bergerigi seperti gergaji. Awalnya wilayah ini merupakan perbukitan bambu kapur lebat yang beberapa titiknya pernah terbakar oleh pemburu hewan. Sejak itu masyarakat menyebutnya Bukit Rigis.

Desa Rigis Jaya ini sendiri merupakan pemecahan dari Pekon Gunung Terang yang 100% masyarakatnya petani kopi. Dalam perjalanannya masyarakat didukung oleh pemerintah desa dan BUMDES mengembangkan desa menjadi tempat wisata berbasis masyarakat dan kearifan lokal, sehingga dengan kekayaan alam yang ada, dalam hal ini adalah perkebunan kopi, maka dikembangkanlah sebuah objek wisata yang diberi nama Kampung Kopi, Desa Wisata Rigis Jaya. Pengunjung dapat melihat langsung proses pembuatan kopi sejak awal hingga akhir. Kampung Kopi ini pun diresmikan pada tahun 2018.

Desa Wisata Rigis Jaya terletak di Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Lampung Barat, provinsi Lampung dengan jarak dan waktu tempuh dari Bandar Udara Internasional Radin Inten II 183 km sekitar 3.5 – 4 jam. Warga Desa Rigis Jaya 90% terdiri dari suku Jawa yang sebagian besarnya adalah petani kopi dengan luas area kebun kopi 498, 34 ha, sehingga Desa Wisata Rigis sering disebut Kampung Kopi .

Ayo, dukung Desa Wisata Rigis Jaya menjadi Desa Wisata Terfavorit ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *