Danau Ranau

@ranau_info

Danau Ranau merupakan danau terbesar kedua di Sumatera setelah Danau Toba.

Danau ini terletak di perbatasan pemerintahan Lampung Barat, provinsi Lampung dan pemerintahan Ogan Komering Ulu Selatan, provinsi Sumatera Selatan. Danau ini tercipta karena gempa bumi yang hebat dan letusan gunung berapi yang membentuk cekungan besar.

Daya tarik Danau Ranau adalah pemandangan Gunung Semuning yang dapat dilihat dengan mata. Keragamannya yang gagah menjadi kekaguman banyak wisatawan yang bahkan tak segan-segan untuk mengabadikannya.

Danau Ranau dikenal sebagai danau terbesar setelah Danau Toba yang dimiliki Sumatera Utara. Dengan luas 125,9 kilometer persegi, kedalaman 229 meter dan tinggi permukaan sekitar 50 meter. Danau Ranau terbentuk oleh gempa bumi besar dan letusan dari gunung berapi yang mengubah cekungan besar menjadi danau.

Keindahan bawah laut Danau Ranau tak kalah indahnya, banyak ikan air tawar yang hidup di dalamnya. Ikan ini menjadi sumber pendapatan bagi warga sekitar yang bisa menjualnya kepada pemilik restoran seafood.

Di Ranau pengunjung dapat menikmati banyak seluncuran air, ada arung jeram dengan arus yang sangat menantang, dan ada taman air di tepi danau. Tentu saja ini bisa dinikmati oleh orang dewasa maupun anak-anak. Lokasi dan suasana danau ranau sangat menyegarkan bagi wisatawan, hembusan angin dan perbukitan hijau yang rimbun membantu menghilangkan stres. Tak heran jika Danau Ranau menjadi tempat yang tidak boleh ditinggalkan setiap musim liburan. Meski pendekatannya kurang baik bagi pengguna kendaraan pribadi, karena jalannya terjal dan tidak bersahabat. Hal ini tidak mengesampingkan keinginan wisatawan untuk berkunjung.

Pulau Marisa yang terletak di tengah danau menjadi daya tarik wisata, terdapat pemandian air panas yang memanjakan, membangkitkan rasa penasaran banyak orang. Pesona Danau Ranau memang tak ada habisnya. Untuk akomodasi di Danau Ranau terdapat fasilitas untuk beristirahat atau bermalam. Dimulai dengan villa dan hotel, hal ini sangat membantu wisatawan untuk menikmati pesona Danau Ranau lebih lama.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *